Senin, 26 Juli 2010

..dan para pendekar pun berkumpul.

Semuanya berawal dari sebuah sub-forum martial art pada salah satu forum terbesar di Indonesia yaitu K*****. Ketika itu seperti biasa saya sedang berkunjung ke room martial art sebagai salah satu sub-forum disitu untuk saling bertukar informasi seputar beladiri yang digeluti oleh para anggota forum. Beragam informasi, mulai dari tempat latihan, acara beladiri/event beladiri sampai pada acara sparing bagi yang ingin menguji ilmu beladirinya disana ada semua.
Dan suatu ketika ada seorang anggota dengan id 'tambal' yang tampaknya berupa klonengan (istilah untuk orang yang punya id anggota forum lebih dari satu) mulai mencari sensasi dengan menantang semua pendekar diforum beladiri tersebut dengan cara yang sangat arogan yaitu dengan menjelek-jelekkan para praktisi martial art/MA di forum tersebut bahkan seluruh praktisi MA di negri ini dia katakan sebagai "pendekar tari" kurang lebih begitulah. Si tambal ini mengakui bahwa dia tidak pernah terkalahkan dalam berbagai kompetisi Mixed Martial Art baik legal maupun kompetisi ilegal alias underground, dia juga mengaku seorang Indo campuran Amerika yang belajar Brazillian Jiu-Jitsu dari keluarga Gracie. Pernyataan si tambal ini awalnya ditujukan pada anggota lain yang ber-id 'dragonSBY', namun jelas namanya forum pasti semua bisa mengaksesnya sehingga menimbulkan berbagai kecaman dari para MA-ist, salah satunya saya zehaha. :D
Banyak orang yang menantang si tambal ini namun semua jawaban dari si tambal ini tidak ada yang pasti, para anggota akhirnya mulai mencurigai bahwa kasus ini tidak jauh berbeda dengan kasus-kasus sebelumnya yang memang bertujuan untuk mengusik ketenangan forum. Namun kecurigaan anggota akhirnya tertuju juga kepada salah satu id yang memang ditujukan dari awal oleh si tambal ini, ialah dragonSBY, dari berbagai penjelasan atas tuduhannya (maaf saya tidak akan menjelaskan alasannya karena bisa panjang) maka dicobalah untuk dilacak ip addresnya ternyata besar kemungkinan bahwa ada korelasi antara si tambal dengan si dragonSBY, apalagi semenjak kecurigaan terhadap dragonSBY mulain mencuat yang bersangkutan sama sekali tidak muncul hingga hari ini detik ini..
Kepalang basah dan gregetan bagi seluruh anggota forum, maka daripada tidak jadi menonton acara jotos-jotosan antara si tambal dan seluruh penantang yang memang banyak yang ingin nonton sekalian kumpul-kumpul, maka dicetuskanlah acara Gathering K***** Forum Martial Arts ini, apalagi jika melirik kebelakang acara Gath-KFMA ini selalu gagal (katanya sih ada kutukannya zehaha.. :D)
Akhirnya diadakanlah acara Gath-KFMA tersebut pada tanggal 24-Juli-2010 di hall tinju PERTINA pintu 6 Gelora Bung Karno Senayan pada jam 11 siang.
Selayaknya orang Indonesia, para pendekarnya pun terkesan ngaret meskipun saya sudah tiba jam 11 kurang dan sudah cukup ramai namun yang jadi pertanyaan saya kenapa acara belum dimulai (acara awal baru mulai dijadwal jam 11.30 setelah registrasi jam 11.00)?? Tampaknya persiapan para moderator forum MA selaku panitia kurang matang, tapi ga masalahlah itung-itung ini acara pertama kali bagi penghuni forum MA acaranya juga terkesan dadakan.
Akhirnya acara dengan sukses ngaret hingga jam makan siag alhasil setelah registrasi dan masuk pukul 12.45 langsung moderator mengabsen anggota untuk memperkenalkan diri, baru dilanjut acara makan siang.
Setelah makan siang dan sholat dzuhur barulah masuk kedalam sesi diskusi dengan tema "membina padepokan/dojo/dojang secara profesional" oleh pembicara bang moderator 'Tenjhi' yang beraliran Okinawa-Te (seperti karate cuma masih kental akan pengaruh beladiri dari China Selatannya maka terlihat seperti Kung-fu (bagi saya). Setelah itu diskusi selanjutnya yaitu "hubungan/korelasi supranatural dengan beladiri" dengan pembicara undangan dari sub-forum supranatural 'Ki-Sawung'.
Setelah acara diskusi selesai maka dilanjut ke acara demo para pendekar yang sudah daftar untuk mendemonstrasikan beladirinya. Ohya disitu juga ada yang buka lapak jualan alat-alat beladiri sang penjual ialah salah satu anggota Indonesian Nunchaku Club/INC.
Demo pertama dibuka oleh moderator Tenjhi dengan Okinaw-Te-nya, cukup mengesankan, apalagi saat seorang yang disuruh untuk menendangnya dibagian 'groin' namun sipenendang malah justru kesakitan, ternyata usut-punya usut saat ditendang bang Tenjhi dengan sigap memasang kepalannya untuk melindungi bagian vitalnya itu alhasil semakin kencang ditendang maka semakin sakit pula kaki sipenendang zehahahaha.. :D
Demonstarn kedua dari kelompok silat betawi yang dikomandani oleh bang 'ghorylla', silat betawi dari berbagai aliran dia perkenalkan, namun ada satu kesamaan yaitu sama-sama berasal/dipengaruhi oleh beladiri Cina. Yang paling saya kagumi ialah ada salah satu demmonstran dari silat betawi itu (saya lupa aliran apa) yang gerakannya mirip dengan Kungfu Baji Quan, yaitu sama-sama menggunakan hentakan kaki, pukulan siku dan hantaman badan atau punggung.
Demonstran ketiga ialah dari INC atau Indonesian Nunchaku Club yaitu klub bagi para MA-ist pengguna senjata Nunchaku atau double Stick seperti yang sering digunakan oleh Bruce Lee dalam film-filmnya.
Yang ke-empat merupakan atraksi Wing chun kungfu dari Shaolinshe naga putih dan dari Wing Chun Ip Man lineage oleh sifu James. Yang membedakan kedua aliran Wing Chun ini ialah jika aliran Shaolin lebih banyak jenis pukulan dan tekhnik bantingan maupun kuncian. Wing Chun aliran Shaolin diperagakan oleh bang 'Shaolin Boy' dari semua atraksinya yang paling keren saat atraksi Chikungnya dengan mematahkan sumpit dengan lehernya zehaha :D kemudian sifu James yang memperagakan Chi sao ala Wing Chun yaitu dua orang yang bertempelan kedua tangannya kemudian salaing mendorong, memukul, atau menarik secara kontinu.
Yang terkahir ialah atraksi Kendo, hmm.. saya lupa siapa demonstrannya karena sempat saya tinggal sebentar untuk sholat ashar. Atraksi Kendo mengingatkan saya dengan anggar kaum eropa karena sama-sama menggunakan baju pelindung dari kepala hingga kaki.
setelah acara demonstarsi beladiri selesai moderator menutup acara dengan acara foto bersama. Sungguh acara yang menarik dan sangat bermanfaat bagi para praktisi MA. Berawal dari surat tantangan berakhir dengan kebersamaan. "Terima kasih untuk semua partisipan dan juga untuk 'Tambal' dimanapun kau berada (mungkin juga dia hadir disitu saat itu, siapa tahu kan?) berkat kau kita semua bisa terhindar dari kutukan Gath-KFMA yang selalu gagal" begitulah yang diucapkan oleh moderator 'Sichilya'.



Okinawa-Te oleh: moderator Tenji

1 komentar:

  1. masih berlatih bajiquan pak. saya juga mw latihan nih. btw aliran bajiquan aliran liu dimana ya sekarang saya tinggal d bekasi n kerja d jakarta. tks

    BalasHapus